7 Sayuran Segar yang Tidak Banyak Orang Tahu, Padahal Berkhasiat!

                Di masa pandemi sekarang ini, kita harus menjaga kesehatan, supaya terhindar dari berbagai macam penyakit, Salah satunya adalah dengan mengonsumsi sayur-sayuran. Dengan mengkonsumsi sayur-mayur setiap hari, kita akan terhindar dari bahaya yang mengancam kesehatan tubuh.

            Di dunia ini, khususnya di Indonesia, terdapat banyak sayuran segar yang memiliki banyak manfaat. Seperti bayam, kangkung, sawi, dan lain – lain. Namun tahukah kamu? Tujuh sayuran ini memiliki manfaat yang tidak kalah berguna dari sayuran yang selama ini kita kenal. Apa saja itu? Berikut daftarnya.

  • Kubis Brussel atau Kol mini

Kubis Brussel adalah sayuran yang termasuk dalam anggota grup Gemmifera kubis Brassica oleracea yang diambil kuncupnya untuk dikonsumsi. Menurut pakar diet Julia Zumpano RD. LD mengatakan kubis Brussel kaya akan vitamin C, K dan mengandung banyak serat dan senyawa Sulforafana yang bermanfaat untuk mencegah kanker prostat dan Usus besar.

  • Selada Air

Selada Air adalah tumbuhan yang cepat tumbuh dan bersifat akuatik atau semi-akuatikyang umum dijumpai di Eropa dan Asia. Tumbuhan ini sangat kaya akan sulfur, nitrogen, dan yodium. Selada air merupakan salah satu obat pencuci darah yang baik. Disamping itu tanaman ini digunakan untuk penyembuhan gangguan liver dan ginjal.

  • Artichoke

Artichoke adalah tanaman yang masuk dalam varietas  spesies thistle. Tanaman ini biasa hadir dalam resep resep masakan barat.  Artichoke kaya akan nutrisi, seperti zat besi, kalium, kalsium, vitamin, hingga mineral yang semuanya memiliki manfaat untuk mengendalikan kolesterol , mengurangi tekanan darah, dan melancarkan pencernaan.

  • Kembang Kol

Kembang kol atau bunga kol merupakan jenis sayuran yang termasuk dalam kelompok botrytis dari jenis Brassica oleracea. Sayuran yang mirip dengan Brokoli ini mengandung protein, kalsium, magnesium, fosfor, zinc, vitamin B6, dan asam pantotenat. Kembang kol bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Rapini

Rapini atau dikenal dengan Brokoli Rabe, adalah sejenis sayuran yang hampir semua bagiannya dapat dimakan. Sayuran ini mengandung vitamin A, C, dan K serta Kalium, Kalsium, dan zat besi yang membantu menjaga kesehatan tulang, mengatur tekanan darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Daun Kale

Daun kale adalah jenis sayuran berdaun hijau yang masuk dalam keluarga kubis, seperti halnya brokoli. Tanaman yang memiliki nama latin Brassica oleracea acephala mengandung banyak serat dan kaya akan vitamin  C dan K yang berguna untuk mengurangi risiko terjadinya kanker, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan penyakit kardiovaskular.

  • Leek

Leek atau biasa dikenal dengan bawang prei, adalah tumbuhan dari jenis Allium Ameloprassum yang berkerabat dengan bawang Gajah,  tareh atau bawang Persi, dan Kurrat. Tanaman ini kaya akan vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, C, E, K, dan folat. Leek bermanfaat untuk menguatkan tulang, menyehatkan mata, serta rendah kalori yang berguna untuk menjaga tubuh ideal.

            Itulah daftar nama-nama sayuran yang jarang diketahui orang namun dapat memberikan manfaat bagi tubuh kita. Sudah selayaknya kita rajin mengonsumsi aneka sayur-sayuran berkualitas agar terhindar dari penyakit.

            Oleh karena itu, TaniHub hadir sebagai produsen sayur segar, buah-buahan dan berbagai macam kebutuhan dapur lainnya menjadi pilihan tepat bagi anda. Kualitas produk yang ditawarkan TaniHub tidak perlu diragukan lagi karena TaniHub bekerja sama dengan ratusan petani lokal sehingga semua produk dijamin kualitasnya dan kesegarannya. Apalagi saat ini banyak promo promo untuk berbagai produk yang ditawarkan. Jadi tunggu apa lagi? Buruan download aplikasi Tanihub sekarang juga melalui Play Store di Android dan AppStore di iPhone anda serta ikuti perkembangan informasi terbaru hanya di Instagram @Tanihub.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *